Selasa, 28 Desember 2010

Pendekatan Pengembangan Sistem

Terdapat beberapa pendekatan dalam pengembangan sistem seperti Insourcing (SDLC), Prototyping, Pengembangan berorientasi pemakaian ulang (Re-Usable), dan Pendekatan Berorientasi Objek.

1. Pendekatan Insourcing (SDLC)

A. Fitur

  • Proses Formal dilakukan tahap demi tahap secara berurutan
  • Spesifikasi dan persetujuan dalam bentuk tertulis
  • Peran pemakaian terbatas

B. Kelebihan

  • Perlu untuk sistem dan proyek yang kompleks

C. Kelemahan

  • Pelan dan Mahal
  • Perubahan tidak dapat dilakukan dengan cepat
  • Banyak kertas yang perlu dikelola


2. Pendekatan Prototyping
A. Fitur

  • Kebutuhan ditentukan secara dinamis melalui sistem percobaan
  • Proses cepat, tidak formal dan berulang
  • Pemakaian secara terus-menerus berinteraksi dengan prototipe

Prototyping adalah proses iterative dalam pengembangan sistem dimana requirement diubah ke dalam sistem yang bekerja (working system) yang secara terus menerus diperbaiki melalui kerjasama antara user dan analis. Prototype juga bisa dibangun melalui beberapa tool pengembangan untuk menyederhanakan proses. Prototyping merupakan bentuk dari Rapid Application Development (RAD).


3. Pendekatan Pengembangan Berorientasi Pemakaian Ulang (Re-Usable)
Ada 4 fase utama dalam pengembangan re-usable :

1. Analisis Komponen, Spesifikasi persyaratan telah diketahui, komponen-komponen untuk implementasi spesifikasi tersebut akan dicari. Biasanya, tidak ada kesesuaian yang tepat dan komponen yang dapat dipakai hanya memberikan sebagian dari fungsionaliyas yang dibutuhkan.

2. Modifikasi Persyaratan. Persyaratan dianalisis menggunakan informasi tentang komponen yang didapat, kemudian dimodifikasi untuk merefleksikan komponen yang ada. Jika modifikasi tidak mungkin dilakukan, maka kegiatan analisis komponen bisa diulang untuk mencari solusi alternatif.

3. Perancangan sistem dengan pemakaian ulang. Kerangka kerja sistem dirancang, atau kerangka kerja yang telah ada dipakai ulang.

4. Pengembangan dan Integrasi. Perangkat Lunak yang tidak dapat dibeli akan dikembangkan dan komponen kemudian diintegrasikan untuk membantu sistem.

4. Pendekatan Berorientasi Objek (OOAD)

OOAD adalah metode pengembangan sistem yang lebih menekankan pada objek dibandingkan dengan data atau proses. Ada beberapa ciri khas dari pendekatan ini yaitu object, Inheritance dan object class

Object adalah struktur yang mengenkapsulasi atribut dan metode yang beroperasi berdasarkan atribut-atribut tadi. Objek adalah abstraksi dari benda nyata dimana data dan proses diletakkan bersama untuk memodelkan struktur dan perilaku dari objek dunia nyata.

Object class adalah sekumpulan objek yang berbagi struktur yang sama dan perilaku yang sama.

Inheritance. Properti yang muncul ketika tipe entitas atau object class disusun secara hirarki dan setiap tipe entitas atau object class menerima atau mewarisi atribut dan metode dari pendahulunya.

Selasa, 09 November 2010

Penerapan Ilmu Telematika Dalam Bidang Ekonomi

• E-Commerce
Salah satu bidang yang di cakup dalam penerapan ilmu telematika adalah bidang ekonomi. Dimana bidang ekonomi disini berfungsi sebagai ajang jual beli suatu barang yang bisa dilakukan oleh para konsumen. Adalah e-commerce yang merupakan bagian dari bidang ekonomi yang memungkinkan penjualan dan transaksinya dilakukan secara virtual atau on-line. Dengan adannya e-commerce ini, diharapkan dapat memudahkan para konsumen untuk mendapatkan barang dengan cepat dan dapat bertransaksi secara efisien tanpa harus berkunjung langsung ke lokasi.

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.
Adapun keuntungan dari e-commerce yaitu :
1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
2. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
3. Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
4. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.



• Penjualan On-line melalui media website
Salah satu penerapan ilmu telematika di bidang ekonomi adalah dengan bertransaksi secara online. Transaksi ini membutuhkan suatu media sebagai tempat untuk bertransaksi. Media yang bisa membantu atau bisa mengakomodasi yaitu website. Dengan adanya website penjualan, para konsumen dapat bertransaksi secara online yang bisa menghemat waktu dan biaya. Pembuatan website itu sendiri menggunakan sebuah program aplikasi. Saat ini sudah sangat banyak program aplikasi yang bisa digunakan untuk membangun sebuah webite. Contoh dari website penjualan produk yang telah ada seperti www.fashionbandung.com, www.urbanesia.com, dll. Di dalam website tersebut terdapat fasilitas yang bisa memudahkan pengunjung website untuk bertransaksi. Tata cara pembelian juga disediakan.

Media website saat ini sudah sangat menjadi sumber informasi bagi sebagian besar masyarakat indonesia. Terutama untuk ajang promosi suatu produk. Website adalah suatu media promosi yang sangat efisien dan paling ampuh untuk menjerat calon pelanggan. Terlebih website penjualan barang. Penjualan secara online saat ini menjadi trend di kalangan masyarakat indonesia. Dikarenakan proses nya cepat dan sangat efisien, dan tidak memakan waktu lama dan tidak perlu susah payah untuk mengunjungi langsung toko yang bersangkutan.

Penerapan ilmu telematika dalam bidang ekonomi, dalam hal ini mencakup e-commerce sangat membantu. Ilmu telematika tersebut telah melahirkan era baru dalam bertransaksi secara online yang bisa sangat berguna bagi konsumen.

Selasa, 12 Oktober 2010

Definisi Telematika Dan Hukum Yang Berlaku

Definisi Telematika Dan Hukum Yang Berlaku

Telematika, sebagian besar orang sudah tentu tidak asing dengan kata ini. kata telematika mungkin bagi sebagian besar masyarakat indonesia selalu diidentikan sebagai manipulasi data yang dilakukan oleh komputer, atau bahkan langsung teringat dengan seorang pakar telematika indonesia. Kata telematika berasal dari bahasa perancis yaitu “TELEMATIQUE” yang memiliki makna bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika tersusun dari 2 buah kata yaitu telekomunikasi dan informatika. Telekomunikasi sendiri memiliki arti sebagai teknik pengiriman pesan dari suatu tempat ke tempat yang lain, dan biasanya berlangsung secara 2 arah. Sedangkan pengertian informatika sendiri mencakup struktur, sifat dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.


Di Indonesia, pengaturan dan pelaksanaan mengenai berbagai bidang usaha yang bergerak di sektor telematika diatur oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika. Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika (disingkat DitJen APTEL) adalah unsur pelaksana tugas dan fungsi Departemen di bidang Aplikasi Telematika yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Fungsi Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika (disingkat DitJen APTEL) meliputi :
• Penyiapan perumusan kebijakan di bidang e-goverment, e-bussiness, perangkat lunak dan konten
• pembangunan, pengelolaan, dan pengembangan infrastruktur dan manajemen aplikasi sistem informasi pemerintahan pusat dan daerah
• pemberian bimbingan teknis dan evaluasi
• pelaksanaan administrasi Direktorat Jendral Aplikasi Telematika

Lingkup pengkajian Hukum Telematika terfokus pada aspek-aspek hukum yang terkait dengan sistem informasi dan sistem komunikasi, khususnya yang diselenggarakan dengan sistem elektronik, dengan tetap memperhatikan esensi dari komponen-komponen dalam sistem tersebut, mencakup:
(i) perangkat keras
(ii) perangkat lunak,
(iii) prosedur-prosedur
(iv) perangkat manusia, dan
(v)informasi itu sendiri; serta
(2) fungsi-fungsi teknologi di dalamnya yaitu:
(i) input, (ii) proses, (iii) output, (iv) penyimpanan dan (v) komunikasi.
Dalam prakteknya kedua lingkup tadi dalam
cyberspace dikenal sebagai (i) Content, (ii) Computing, (iii) Communication dan (iv) Community.
1.Content, yaitu Isi atau substansi Data dan/atau Informasi berupa input dan output dari penyelenggaraan sistem informasi yang disampaikan pada publik, mencakup semua bentuk data/informasi baik yang tersimpan dalam bentuk cetak maupun elektronik, maupun yang disimpan sebagai basis data (databases) maupun yang dikomunikasikan sebagai bentuk pesan (data messages);
2.Computing, yaitu Sistem Pengolah Informasi yang berbasiskan sistem komputer (Computer based Information System) berupa jaringan sistem informasi (computer network) organisasional yang efisien, efektif dan legal. Dalam hal ini, suatu Sistem Informasi merupakan perwujudan penerapan perkembangan teknologi informasi ke dalam suatu bentuk organisasional/organisasi perusahaan (bisnis).;
3.Communication, yaitu Sistem Komunikasi yang juga berupa sistem keterhubungan (interconnection) dan sistem pengoperasian global (interoperational) antar sistem informasi/jaringan komputer (computer network) maupun penyelenggaraan jasa dan/atau jaringan telekomunikasi.
4.Community, yaitu masyarakat berikut sistem kemasyarakatannya yang merupakan pelaku intelektual (brainware), baik dalam kedudukannya sebagai Pelaku Usaha, Profesional Penunjang maupun sebagai Pengguna dalam sistem tersebut.

Indonesia saat ini telah meratifikasi konvensi internasional di bidang Hak Cipta, yaitu : Berne Convention tanggal 7 Mei 1997 dengan Keppres No. 18/1997 dan dinotifikasikan ke WIPO pada tanggal 5 September 1997. Berne Convention tersebut mulai berlaku efektif di Indonesia tanggal 5 September 1997. Dengan berlakunyaa Berne Convention berarti sebagai konsekuensinya Indonesia harus melindungi ciptaan dari seluruh anggota Berne Convention.

Tiga tahap esensial dalam hal perlindungan terhadap perangkat lunak, yaitu :
- Perlindungan terhadap algoritma pemrograman.
- Perlindungan Paten atau Hak Cipta terhadap Program Komputer.
- Perlindungan terhadap kode obyek program (object code).
Sehubungan dengan hal itu, WIPO juga telah mengidentifikasikan bahwa bahan-bahan yang termasuk dalam software komputer adalah :
- Materi-materi pendukung (flowchart,deskripsi tertulis program).
- Dokumentasi tentang bagaimana menggunakan program (user’s guide).
- Untaian perintah (listing program) itu sendiri.
- dan tampilan look and field dari program tersebut.
Berdasarkan pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002, Hak Cipta adalah hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undanga yang berlaku. Yang dimaksud dengan hak eksklusif di sini adalah bahwa tidak seorangpun yang diperbolehkan untuk mengumumkan, memperbanyak atau menyewakan ciptaannya tanpa izin dari penciptanya. Sedangkan pencipta yang dimaksud dalam pasal ini adalah :
(1) seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecepatan, keterampilan atau keahlian yang dituangkan ke dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi,
(2) orang yang merancang suatu ciptaan, tetapi diwujudkan oleh orang lain dibawah pimpinan atau pengawasan orang yang merancang ciptaan tersebut,
(3) orang yang membuat suatu karya cipta dalam hubungan kerja atau berdasarkan pesanan; Badan Hukum sebagaimana dalam pasal 6-9 Undang-undang Hak Cipta.



Sumber :
http://blog.its.ac.id/masgandhul/2008/11/25/asal-usul-telematika/
http://www.depkominfo.go.id

Sabtu, 22 Mei 2010

Resensi Novel

Judul Buku : Children Of The Lamp - The Akhenaten Adventure

Jenis Buku : Novel

Pengarang : P.B. KERR

Tahun Terbit : 2008

Penerbit :
Penerbit Matahari

Penterjemah : Utti Setiawati


Resensi Buku :

Novel ini menceritakan tentang sebuah Keluarga yang memiliki sepasang anak kembar, anak kembar tesebut bernama Philippa dan John. Cerita dimulai pada saat philipa dan jhon yang baru berumur dua belzs tahun sudah memiliki geraham bungsu, gigi yang biasa tumbuh pada manusia normal saat menginjak umur 24 tahun. Dokter gigi mereka pun memutuskan untuk mencabutnya. Saat pencabutan gigi tersebut, mereka dibius. Mereka pun tidak sadarkan diri. Saat tidak sadar, John bermimpi bertemu pamannya (adik ibunya) yang tinggal di Inggris yang bernama Nimrod. Di mimpi itu juga ada Philippa. Di mimpi itu paman Nimrod menyuruh mereka untuk meminta izin pada orangtua mereka untuk pergi ke Inggris.

mereka ragu apakah keinginan untuk pergi ke inggris akan di izinkan atau tidak. mereka meminta pada orangtua mereka untuk pergi ke Inggris, namun hanya pergi berdua. Ternyata mereka diizinkan, ini aneh karena orang tua mereka selelu megekang anak-anaknya pada usia-usia tersebut apalagi pergi jauh hanya ber dua. Mereka pun pergi ke Inggris, menemui paman Nimrod.Sesampainya mereka di Inggris, mereka diberi fakta yang memgejutkan, fakta bahwa mereka adalzh jin, begitu juga ibu mereka, tapi tidak ayah mereka. Mereka dikirim ke Inggris untuk mengetagui jati diri dan berlatih nenjadi jin yang sebenarnya.
namun di inggris terdapat peretempyran abadi antara jin dan iblis, dan mereka masuk didalam pertempuran tersebut nantinya.

John, Philippa, dan Nimrod termasuk ras jin yang baik dan kuat, mereka disegani oleh jin lain, kecuali iblis dan pasukannya.Dari sumber yang mereka percayai, ternyata iblis sedang mencari makam
Akhenaten. Di dalam makam tersebut terdapat lampu yang berisi 70 jin yang menurut pada siapa saja yang membuka lampu tersebut. 70 jin itu sangat kuat, karena mereka merupakan pengawal raja Fir’aun Akhenaten yang sangat tetlatih. Paman Nimrod kawatir jika 70 jin itu ditemukan iblis pertama kali, keberadaan jin dan manusia akan tinggal sejarah.
Nimrod pun mengajak John dan Philippa turut serta mencari keberadaan lampu yang berisi 70 jin itu. Mereka berangkat ke Mesir.

Iblis selangkah lebih maju. Iblis menemukan makam Akhenaten lebih dulu dari paman Nimrod. Tapi untungnya, lampu itu tidak di sana, lampu yang ternyata berbentuk tongkat itu telah diambil oleh penjarah dan dijual ke musium.Merasa tidak aman, paman Nimrod, John, dan Philippa menyusun rencana untuk menangkap penimpin para iblis, dengan menasukkannya ke dalam botol. Rencana mereka berhasil, iblis telah terjebak. Tapi keadaan belum aman, mereka tetap harus menemukan tongkat berisi 70 jin itu sebelum pasukan iblis yang menemukan terlebih dahulu.

Pencarian pun berlanjut dengan mencari dan meneliti tongkat di seluruh dunia.
Ternyata tongkat itu ada di Inggris, kampung halaman paman Nimrod, tepat di depan hidungnya. Ketika mereka hendak memusnahkan tongkat itu, mereka malah membangkitkan roh raja Akhenaten. Kedua kalinya, mereka menjebak musuh mereka, raja Akhenaten, ke dalam botol, dan membuangnya di Arktik, Kutub Utara.

Minggu, 04 April 2010

ARTIKEL

SURVEI TERHADAP 20 ORANG TENTANG POSISI TIDUR MEREKA



berdasarkan observasi yang saya lakukan terhadap 20 orang mengenai posisi tidur mereka, 16 orang memilih tidur dengan posisi miring dan 4 orang memilih posisi telentang. Dari info-info yang saya dapat, posisi tidur sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Setiap orang pasti memiliki gaya atau posisi tidur yang berbeda-beda pula. Posisi tidur memiliki efek bagi tubuh kita jika kita salah posisi. Akibatnya badan terasa pegal saat bangun. Bahkan sebagian orang percaya bahwa posisi tidur yang benar dapat memperpanjang umur mereka. Berikut sedikit ulasan tentang posisi tidur :
  • Telentang. Posisi telentang dari berbagai survei dikatakan kurang baik. Beberapa ahli mengatakan posisi tidur telentang dapat memberikan beban yang berlebihan pada tulang belakang. Posisi telentang juga dapat menyebabkan masalah bagi orang yang menderita sakit sinusitis. Posisi telentang dapat menyebabkan cairan yang ada di hidung langsung jatuh ke tenggorokan dan dapat mengakibatkan tersendak atau dan langsung terbangun. Namun dari informasi yang didapat, tidur telentang baik untuk penderita nyeri punggung. Dengan menyisipkan bantal dibawah dibawah dengkul dapat mengurangi beban pada tulang punggung.

  • Tengkurap. Posisi ini sangat tidak dianjurkan. Posisi tengkurap dapat memberikan tekanan berlebih pada jantung. Hal ini sangat berbahaya jika orang memiliki sakit jantung. Posisi tengkurap membuat otot-otot tetap tegang selama tidur. Posisi tengkurap juga dapat memberikan efek yang tidak bagus pada penampilan anda. Posisi ini dapat menyebabkan wajah menjadi sembab dan mata menjadi merah, dan posisi tengkurap dapat menyebabkan tidak lancarnya peredaran darah dalam tubuh. Namun jika keadaan memaksa untuk tidur dengan posisi tengkurap sebaiknya sisipkan bantal di bawah perut dan pinggang. Juga hindari pemakaian bantal pada kepala atau gunakan bantal kecil agar tidak terlalu menekan leher.

  • Miring. Tidur dengan posisi ini dapat menyebabkan tekanan yang berlebihan pada jantung. Posisi miring ke kanan atau ke kiri membuat jantung tertekan. Jantung harus bekerja lebih keras karena beban yang ada. Ini dapat berakibat fatal untuk jangka panjang. Jika salah posisi, dapat menyebabkan juga pegal-pegal pada leher. Hal ini dapat di atasi dengan menyisipkan bantal pada leher. Dari beberapa sumber yang didapat, posisi tidur miring yang baik adalah dengan menirukan posisi bayi dalam kandungan. Dengan melengkungkan punggung sedikit dan posisi kaki sedikit menekuk ke arah dada. Hal ini dapat mengurangi tekanan pada dada dan juga dapat memudahkan pernafasan. Ada baiknya juga untuk menyisipkan bantal antara 2 kaki untuk mencegah pegal-pegal.

Ada baiknya juga jika kita sebelum tidur untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini :
  • Bersihkan badan (mandi dll) sebelum tidur. Karena jika badan bersih, maka tidur pun akan menjadi lebih nyaman.
  • Hindari pemakaian pakaian yang terlalu ketat.
  • Hindari posisi tidur dengan kepala lebih rendah dari anggota tubuh lainya.
  • Lepaskan perhiasan dan aksesoris yang ada di badan.
  • Posisi bantal diatur untuk menjaga kenyamanan tidur. Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.
  • Hindari tidur dengan posisi menatap lampu secara langsung. Karena dapat menyebabkan kulit wajah mengerut saat tidur.
  • Upayakan agar kepala dan leher tertopang dengan baik. Hal ini untuk menghindari sakit pinggang.
  • Hindari posisi tidur tengkurap.
  • Periksa sirkulasi udara ruangan tidur. Sirkulasi udara yang baik akan memberikan kenyamanan dalam tidur.




Sumber : http://turuyuk.wordpress.com/2009/03/17/posisi-tidur-yang-baik/

Selasa, 23 Maret 2010

KUTIPAN

Definisi Kutipan:
Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dalam buku-buku maupun majalah-majalah. Kutipan juga bisa diartikan sebagai gagasan ide atau pendapat yang diambil dari berbagai sumber.



Jenis-Jenis Kutipan :
  1. Kutipan langsung: Kutipan dari buku atau tulisan yang harus sama dengan aslinya baik dengan susunan kata-katanya maupun tanda bacanya. Kutipan yang panjangnya lima baris atau lebih, diketik berspasi satu dengan mengkosongkan lima ketik dari garis batas atau margin sebelah kiri dengan tidak diberi tanda kutip.
  2. Kutipan Tidak Langsung : Kutipan dengan mengambil pendapat atau uraian dari buku atau sumber lain yang penyajiannya dengan bahasa sendiri

Contoh Kutipan Langsung :
  • Argumentasi adalah salah satu bentuk retroika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembaca. (Keraf, 1983: 3)

  • Mineral gangue adalah bagian dari asosiasi mineral yang membentuk batuan dan bukan mineral bijih didalam suatu jebakan.

Contoh Kutipan Tidak Langsung :

Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis.

jehoda berpendapat bahwa practice effect akan mengangkat korelasi4 sutrisno hadi tidak sependapat dengan jehoda. Jika perubahan skor terjadi secara teratur karena practice effect maka korelasinya tidak akan berubah, sedang jika perubahan skor terjadi dengan tidak teratur maka korelasinya akan menurun5.

------------------

4M.Jehoda,M.Deutch,and S.W.Cock,Research Method in Social Relations(New York:The Dryden Press,1958),pp.1101-1102.

5Sutrisno Hadi, Metodologi Research (Jogjakarta:Yayasan Penerbitan FIP-IKIP,1968),p.139

-------------------











Kamis, 18 Maret 2010

Contoh Paragraf Induktif Dan Deduktif

  1. INDUKTIF = Mungkin anda semua pernah mendengar atau mengetahui tentang inter milan. Klub sepakbola asal italia ini memiliki pemain yang mempunyai skill yang diatas rata-rata.Permainan yang atraktif membuat semua pecinta sepakbola diseluruh dunia ingin menyaksikan pertandingan klub ini. Ditambah dengan determinasi permainan yang sangat bagus, dan juga mental juara para pemainnya. Satu hal lagi yang membuat mengapa klub ini begitu disegani oleh klub-klub lain adalah kejeniusan sang pelatih dalam meramu taktik permainan. Ialah jose mourinho, pelatih bertangan dingin dan bermental juara untuk menahkodai klub intermilan. Itulah mengapa klub bernama inter milan sangat ditakuti oleh klub-klub lain di dunia.
  2. DEDUKTIF = Tom DeLonge adalah seorang musisi yang sangat hebat. Ia dapat membuat lagu dengan sekejap mata. Kemampuan olah vocal yang menakjubkan ditambah skill dalam memainkan alat musik, dalam hal ini gitar. permaian gitar tom delonge sangat khas. Gaya dalam berpenampilan juga sangat diperhatikannya. Gaya berpakaian tom saat ini menjadi panutan bagi anak muda. Tom DeLonge juga hebat dalam hal bisnis. Ini terlihat dari bagaimana ia mengelola perusahaan pakaiannya. Ia sukses memajukan perusahaannya itu sampai sekarang.

Senin, 22 Februari 2010

Informix 4GL

Adalah bahasa pemrograman yang memberikan kombinasi 2 keunggulan yaitu, prosedural dan non-prosedural. Kemampuan informix meliputi :
  1. Bahasa pemrograman
  2. Utilitas pembuat screen
  3. Utilitas pembuat laporan / report
  4. Utilitas pembuat menu

Didalam informix 4GL terdapat informix sql. Informix sql sendiri memiliki kemampuan sebagai berikut :
  1. Menyusun dan memosifikasi tabel dengan cara menggunakan menu yang telah disediakan.
  2. Memasukan dan mencari informasi tentang database dengan menggunakan screen form.
  3. Mengurutkanmenggabungkan,mengatur dan menampilkan data dengan screen report.
  4. Menambahkan, mengubah data didalam database dengan menggunakan query language.

Minggu, 21 Februari 2010

Proses Kompilasi

Ada beberapa tahapan proses dalam sebuah kompilasi yaitu :
1. Analisa leksikal : Source program dibaca perkarakter dan dikelompokan menjadi kelompok karakter. kelompok-kelompok karakter yang membentuk sebuah token disebut dengan LEXEME. Setiap token yang dihasilkan disimpan dalam tabel simbol.

2. Analisa sintak : Dilakukan pemeriksaan kesesuaian pola deretan token dan aturan sintak yang ditentukan dalam bahasa sumber. Deretan token yang bersesuaian dengan sintak akan dilaporkan dalam pohon parsing (Parse Tree).

3. Analisa semantik : Memeriksa token dan ekspresi dari batasan-batasan yang di tetapkan.

4. Pembangkit kode antara : Membangkitkan kode antara berdasarkan pohon parsing. Pohon parsing diterjemahkan berdasarkan sintaknya. Hasilnya nerupakan perintah 3 alamat.

5. Optimasi kode : Melakukan optimasi, melakukan penghematan space, dan waktu komputasi terhadap kode antara.

6. Pembangkit kode final : Untuk membangkitkan kode kedalam bahasa target tertentu.

Jumat, 19 Februari 2010

Perkembangan Komputer

Siapa yang tidak mengenal komputer. sebagian orang tahu apa itu komputer,bagaimana bentuk komputer. Dari perkembanganya, teknologi komputer sudah mencapai puncak atau mungkin lebih di massa mendatang. Komputer saat ini keberadaanya sangat vital bagi kehidupan manusia. Komputer saat ini sudah sangat canggih, komputer saat ini bahkan bisa menggantikan kecerdasan otak manusia seperti AI (artificial Intelligence). Komputer dapat mengerti semua masukan,maksud,dan apa yang harus di lakukan untuk memecahkan suatu masalah.

Komputer pada zaman dahulu masih sangat terbatas dalam melakukan kegiatan perhitungan. Pada awalnya komputer digunakan hanya sebagai alat bantu perhitungan. Contoh alat komputasi yang digunakan pada zaman dahulu :

1.ABACCUS
Abacus diperkirakan muncul pada 5000 tahun yang lalu. Abaccus awalnya digunakan oleh para pedagang untuk menghitung. Menggunakan biji-biji yang dapat dipindahkan atau digeser.

Perkembangan komputer dimulai pada hadirnya generasi komputer. Hingga saat ini telah mencapai komputer generasi ke 4.

Komputer generasi I (1940 - 1959) :
Komputer pada generasi ini menggunakan tabung vakum untuk memproses data,membutuhkan tenaga listrik yang sangat besar,ukuran komputer sangat besar,cepat panas dan mudah terbakar. Contoh komputer pada generasi pertama :
1. ENIAC (Electronic Numerical Integritor and Calculator)
2. EDVAC (Electronic Discreate Variable Automatic Computer)
3. EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)
4. UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator)

Komputer generasi II (1959 - 1964) :
Komputer pada generasi ke II sudah menggunakan transistor menggantikan tabung vacum. Komputer pada generasi II sudah memangkas ukuran komputer,menggunakan daya listrik yang lebih kecil. Ditemukan juga inti magnetik sehingga komputer memliki proses yang lebih cepat,lebih kecil,dan hemat daya listrik. Transistor sendiri mulai digunakan pada tahun 1956. komputer generasi ke II menggantikan bahasa mesin menjadi assembly. Bahasa assembly merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner. Beberapa bahasa pemrogram juga mulai muncul pada generasi ke II seperti COBOL dan FORTRAN.

Komputer generasi III (1964 - awal tahun 1980)
Komputer pada generasi ke III sudah menggunakan chip. dengan penggunaan chip komputer menjadi semakin kecil dan lebih cepat. Pada Generasi ini komputer juga telah mengenal sistem operasi. Sistem operasi memungkinkan komputer menjalankan berbagai macam program yang berbeda-beda di waktu yang sama.

Komputer generasi IV
Komputer pada generasi ini sudah sangat canggih. setelah chip ditemukan, sekitar tahun 1980 Very Large Scale Integration (VLSI) dapat memuat ribuan komponen kedalam chip tunggal dan hadir juga Ultra Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan menjadi jutaan komponen kedalam sebuah chip tunggal. Komputer pada generasi ini juga dapat di hubungkan dengan komputer lainnya. LAN (Local Area Network) memungkinkan komputer dapat berinteraksi dengan komputer lainnya dalam satu jaringan.